Hai Sobat Kominfo...
Musim hujan sering kali diisi dengan berita tentang banjir di sejumlah wilayah. Banjir mulai melanda beberapa daerah di Indonesia akibat curah hujan yang meningkat.

Tentunya, saat banjir melanda, banyak kerugian yang ditimbulkan. Mulai dari kerugian materi hingga risiko kesehatan.

Adapun cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan sebelum hujan datang dan banjir terjadi. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah banjir yang harus dilakukan untuk meminimalisir potensi banjir, diantaranya adalah:

• Menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah ke selokan maupun sungai yang dapat menyebabkan terhambatnya saluran air.

• Menghindari mendirikan bangunan di pinggiran sungai, selain hal ini bisa menjadi penyebab banjir, mendirikan hunian di pinggiran sungai akan membuat tidak teraturnya tatanan masyarakat.

• Hindari penebangan hutan secara liar dan terapkan program tebang pilih serta reboisasi untuk membuat regenerasi hutan terus berlanjut dan tidak menyebabkan hutan gundul.

• Rutin membersihkan saluran air yang dilakukan secara bergotong royong dalam waktu yang berkala, sehingga kebersihan dan kelancaran aliran sungai dapat tetap terjaga dan meminimalisir potensi banjir.

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan dapat meminimalisir potensi banjir di beberapa daerah di Indonesia yang tergolong sebagai daerah rawan banjir.

Yuk peduli dengan lingkunganmu sekarang daripada merugi di kemudian hari akibat banjir!

@elman_prabu 
@windriana27

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama